PENGARUH PENAMBAHAN ABU LIMBAH KERTAS TERHADAP KEMBANG SUSUT TANAH LEMPUNG

Herman Herman, Sari OP

Sari


Kertas HVS adalah material yang sangat dibutuhkan dalam berbagai dunia usaha, antara lain perkantoran, pendidikan, industri, perdagangan, parawisata dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya dunia usaha maka pemakaian kertas ini juga semakin meningkat. Akibatnya hasil sampingan berupa limbah kertas HVS keberadaannya pun meningkat pula. Selama ini bahan limbah kertas dikumpulkan untuk bahan daur ulang, pada kesempatan ini peneliti mencoba memanfaatkan sebagai bahan penstabilisasi tanah. Pada penelitian ini bahan limbah kertas dikumpulkan dilingkungan kampus Institut Teknologi Padang. Tanah lempung sebagai objek penelitian, sampelnya diambil di kampung Melayu ± 700 m kanan jalan Alai – Gunung Panggilun. Pembakaran limbah kertas diadakan di Laboratorium Teknik Mesin Institut Teknologi Padang dengan suhu ± 700oC. Penambahan abu limbah kertas 0%, 5% dan 10% dari berat kering tanah. Dengan waktu pemeraman selama 3 hari. Uji yang dilaksanakan terdiri dari pengujian sifat fisis tanah terdiri dari pengujian kadar air, berat jenis, batas-batas Atterberg dan saringan, serta pengujian sifat mekanis tanah yang mencakup uji pemadatan dan uji pengembangan serta uji tekanan pengembangan, baik untuk tanah asli, maupun tanah yang telah dicampur dengan abu limbah kertas.Hasil penelitian menunjukan bahwa, keradaan abu limbah kertas dalam tanah dapat meningkatkan nilai specific gravity (Gs), batas plastis (PL), batas susut (SL), kepadatan tanah tanah, dan menurunkan nilai-nilai batas cair, indeks plastisitas (PI), persentase lolos saringan no. 200, pengembangan dan nilai tekanan pengembangan tanah. Hasil terbaik dicapai pada pencampuran 10% abu limbah kertas dalam tanah.

Kata kunci: fisis, limbah, mekanis, plastisitas, specific gravity


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adha, I. (2011). Pemanfaatan Abu Sekam Padi Sebagai Pengganti Semen Pada Metoda Stabilisasi Tanah Dengan Semen. Jurnal Rekayasa. Vol 15 No.1. Teknik Sipil UNILA.

Aulia, K.(2008). Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Limbah Padat Pabrik Kertas Terhadap Kuat Geser Tanah. Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Budi, G.S., Cristanti, A., dan Setiawan, E. (2003). Pengaruh Fly Ash Terhadap Sifat Pengembangan Tanah Ekspansif. Civil Engineering Dimension, Jurnal Keilmuan dan Penerapan Teknik Sipil . Vol 5, No. 1. Jurusan Teknik Sipil Universiras Petra.

Das, B. M., (1998). Principles of Foundation Engineering 4th Edition. Pacific Grove: PWS Publishing.

Endriani, D. (2012). Pengaruh Penambahan Abu Cangkang Sawit tehadap Daya Dukung dan Kuat Tekan pada Tanah Lempung Ditinjau dari Uji UCT dan CBR Laboratorium. Tesis. Mesan: Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.

Gumay, A dan Mustopa. (2015). Analisa Stabilitas Daya Dukung Tanah Lempung Lunak Menggunakan Abu Limbah Ampas Tebu. Tapak. Vol 5 No. 1. Ummetro.

Hardiyatmo, H.C. (2012). Mekanika Tanah I dan II. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Herfiantino dkk. (2016). Perbaikan Tanah Untuk Meningkatkan CBR Dengan Bahan Aditif Serbuk Bata Merah Dan Abu Sekam Padi. Jurnal Teknik Sipil Itenas. Vol. 2, No. 2. Teknik Sipil Itenas

Pesparani. (2003). Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Menggunakan Abu Ampas Tebu. Skripsi. Yogyakarta :Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.