Studi Komparasi Model Kerner Konhauser Terhadap Model Regresi Linear Pada Variabel Kecepatan Kendaraan dan Kepadatan Arus Lalu Lintas

Yessy Yusnita

Sari


Kondisi macet yang terjadi pada lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh kecepatan kendaraan, kepadatan arus lalu lintas dan arus lalu lintas. Penyebab kemacetan lalu lintas juga dapat dipengaruhi oleh posisi kendaraan dan waktu tempuh kendaraan. Simulasi arus lalu lintas dengan menggunakan kecepatan Model Kerner Konhauser telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Dari simulasi pertama dan kedua Model Kerner Konhauser diperoleh kecepatan kendaraan berjumlah 33 data dan kepadatan arus lalu lintas berjumlah 21 data. Pada penelitian ini, kecepatan kendaraan mewakili variabel V dan kepadatan arus lalu lintas mewakili variabel D. Penelitian ini bertujuan: 1). Menilai tingkat korelasi antara variabel kecepatan kendaraan (V) terhadap variabel kepadatan arus lalu lintas (D); 2). Menganalisis komparasi Model Kerner Konhauser terhadap model regresi linear pada variabel kecepatan kendaraan (V) dan kepadatan arus lalu lintas (D) menggunakan teknik regresi non linier dibantu dengan tools SPSS. Hasil analisis regresi non linear menunjukkan adanya korelasi yang kuat pada data simulasi pertama antara variabel V dengan variabel D(r = 0,793) dan korelasi yang sedang pada data simulasi kedua (r = 0,520). Model analisis non linear terbaik yang dihasilkan adalah V = 125,336e-0,013D, dengan nilai R2 = 0,628. Hal ini menunjukkan bahwa jika kepadatan arus lalu lintas menurun maka kecepatan kendaraan akan meningkat, begitu juga sebaliknya jika kepadatan arus lalu lintas meningkat maka kecepatan kendaraan akan menurun di jalan raya.

Kata kunci: kecepatan kendaraan, kepadatan arus lalu lintas, model kerner konhauser, analisis regresi


Kata Kunci


Kecepatan Kendaraan, Kepadatan Arus Lalu Lintas, Model Kerner Konhauser, Analisis Regresi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harlan J. (2018). Analisis Regesi Linear. Penerbit : Gunadarma. Pp : 13-20.

Ofyar Z & Tamrin. (2013). Perencanaan dan Permodelan Transportasi.

Penerbit ; ITB Bandung.

Roza Angelalia, dkk. (2019). Permodelan Tarikan Perjalanan Dengan

Teknik Analisis Multiple Regression: Studi Kasus Kawasan

Perbelanjaan Transmart Kota Padang. ITP Open Conferences

Systems, Seminar Nasional: Strategi Pengembangan Insfrastruktur

(SPI)-4. 10 Oktober 2019. Padang.

Saputra R, dkk. (2017). Analisa faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Pemilihan Moda Menuju Tempat Kerja Menggunkan Metode Analiytic

Hierachy Process. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syah Kuala, 1(1),

–218.

Yudiaatmaja F. (2014). Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi

Komputer Statistik SPSS. Penerbit : Gramedia Pustaka Utama.

Yusnita Yessy. (2016). Simulasi Arus Lalu Lintas Dengan Menggunakan

Kecepatan Model Kerner Konhauser. Jurnal Dimensi Universitas Riau

Kepulauan, 1(2), 1–11.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.