Studi Pemodelan Tarikan Perjalanan Menuju Kawasan Plaza Andalas Kota Padang

Wilton Wahab

Sari


Plaza Andalas merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang ada di kota Padang. Dimana pusat perbelanjaannya menghadirkan konsep 4 in 1 yaitu dalam satu kawasan terdapat tempat berbelanja, bersantap, bermain dan menonton juga dilengkapi dengan banyak toko – toko yang menjual kebutuhan primer sekunder dan tersier bagi masyarakat. Selain pusat perbelanjaan juga sebagai destinasiwisata keluarga.Hal ini menjadikan daya tarik perjalanan pada kawasan tersebut cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan masyarakat ke Plaza Andalas, Menganalisis karakteristik perjalanan dan mengetahui tarikan perjalanan masyarakat dari penjual maupun pengunjung ke kawasan Plaza Andalas, dan mendapatkan model tarikan perjalanan yang terbaik untuk Plaza Andalas.Pemodelan tarikan perjalanan dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi linear dengan bantuan program SPSS 15. Karakteristik perjalanan pengunjung Plaza Andalas dengan jumlah pendapatan Rp 1,1 jt – Rp 2 jt ( 36,75%), jumlah orang dirumah sebanyak 4 orang ( 51,5 %), jumlah kepemilikan kendaraan 3 buah (50 %) , pemilihan moda transportasi menggunakan sepeda motor ( 59,5 %), tujuan ke Plaza Andalas menonton (32,75%), jarak rumah ke Plaza Andalas 5,1 – 10 Km ( 53,75 %), waktu perjalanan 15,1 – 30 menit ( 57,5 %), luas lahan Plaza Andalas kategori luas (86,25 %), kapasitas ruang parkir kategori luas ( 70,75 %), jumlah fasilitas Plaza Andalas kategori memadai (78,75 %), harga barang Plaza Andalas kategori murah ( 59,25 %), dan kelengkapan barang dalam kategori lengkap ( 67,25 %). Faktor – faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan adalah waktu perjalanan (X2) dan harga barang (X3). Pemodelan terbaik tarikan perjalanan pada kawasan Plaza Andalas adalah : Y = 0,333 +  0,044 X2 + 2,577 X3 dengan nilaiR2 =  0,610.

  

Kata kunci :Karakteristik Perjalanan, regresi lineartarikan perjalanan



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwijayani, M, 2009. Analisis Pemodelan Tarikan Pergerakan Department store (Studi Kasus di Wilayah Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Frans, J., H. Dkk, 2016. Model Tarikan Pergerakan Transportasi Pada KompleksLippo Plaza, Flobamora Mall dan Hypermart Bundaran PU Kota Kupang. Universitas Nusa Cendana Kupang.

https://www.spssindonesia.com/

https://www.google.co.id/maps/plaza+Andalas+padang>.

Niatika, Uun, 2018. Tugas Akhir Analisis Model Tarikan Perjalanan Masyarakat ke Kawasan Perdagangan/Perbelanjaan Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Roza, A., Rusli, A. M., & Karim, M. R. ( 2015) Tantangan Transportasi Umum Khususnya Moda Angkutan Darat Di Negara Berkembang : Studi Kasus Malaysia. Jurnal Teknik Sipil ITP. Vol. 2, No.1.

Roza, A. (2013) Challenges In Intercity Land Public Transport In Malaysia. University Of Malaya. Kuala Lumpur.

Wahab, Wilton. Bahan Ajar Sistem Transportasi. Institut Teknologi Padang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.