Studi Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Darat di Kota Padang antara Kereta Api dan Bus Damri Bandara Internasional Minangkabau

Wilton Wahab, Pruima Andika

Sari


Padang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat dan merupakan salah satu kota terpadat di pulau Sumatera. Kota Padang yang menyandang status sebagai ibukota provinsi wajib menyediakan berbagai sarana dan prasarana sebagai upaya untuk melayani kebutuhan masyarakatnya terutama di bidang transportasi. Beberapa moda transportasi umum yang berkembang di kota Padang diantaranya adalah Bus Damri dan Kereta Api yang melayani rute pusat kota menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan sebaliknya. Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis terhadap alasan masyarakat dalam memilih moda transportasi antara Bus Damri dengan Kereta Api menuju Bandara BIM dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan teknik state preference dan analisis data menggunakan metode kolerasi pearson product momen (r). Dari hasil uji instrumen penelitian terhadap empat item pertanyaan (waktu tunggu, biaya perjalanan, waktu perjalanan, dan frekuensi perjalanan) dapat dinyatakan reliabel dan valid, karena nilai r hitung = 0,631 lebih besar dari nilai r tabel = 0,196. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna moda transportasi kereta api lebih cenderung menggunakan kereta api untuk melakukan perjalanan berdasarkan pertimbangan ongkos/biaya perjalanan. Sedangkan pengguna Bus Damri lebih cenderung menggunakan Bus Damri sebagai moda transportasi berdasarkan pertimbangan rute perjalanan.

Kata kunci: moda transportasi umum, state preference, biaya perjalanan, waktu perjalanan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Roza, A., Guvil, Q., Birma, R.B. ( 2018). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat On Street Parking System Pasca Pemasangan Alat Meter Parkir (Studi Kasus: Ruas Jalan Permindo kota Padang).

Roza, A., Rusli, A.M., Karim, M.R., (2017). Analisis reveal dan stated preference terhadap atribut travel cost pada kompetisi moda bus dan kereta api : studi kasus malaysia.

Miro, F., (2005). Perencanaan Sistem Transaportasi. Penerbit Air Langga, Jakarta.

Hidayat, E. (2017). Permodelan Pemilihan Moda Transportasi Penumpang pada Akses Jalan bandara Internasional Kulon Progo Yogyakarta. Yogyakarta.

Keputusan Menteri Perhubungan No.35 tahun 2003 tentang penyelengaraan angkutan orang di jalan dengan kendaraan umum, Departemen perhubungan RI.

Alfadin, M. R dkk (2018). “Kajian Pemilihan Moda Antara Taksi Berbasis Aplikasi Online dan Taksi Konvensional Studi Kasus Kota Surabaya. Sipil.studentjournal.ub.ac.id 2018.

Peraturan Pemerintah (No.34 tahun 2006) Tentang Jalan.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Bandung: Penerbit Alfabeta

Sasmito, R. A. (2015). Analisis Alternatif Moda Transportasi Darat antara Kereta Api dan Bus antar kota dalam Propinsi (AKDP) Trayek Kota Padang-Kota Pariaman.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan, Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.

Undang-Undang No.22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Widayanti, A. (2003). Studi Pemilihan Moda Angkutan Umum Antara Kereta Api dan Bus (Trayek Surabaya – Yogyakarta). Surabaya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.