Studi Analisis Kapasitas Tampung Drainase Batang Jirak di Kota Pariaman

Maizir Maizir

Sari


Batang Jirak merupakan suatu jaringan drainase induk yang mengalirkan di Kecamatan Pariaman Selatan dalam kota Pariaman sudah perlu ditata dengan baik. Debit banjir rencana dihitung berdasarkan data hujan. Analisis curah hujan rencana untuk menentukan curah hujan harian maksimum dengan Metode Distribusi Log Gumbel, dan Metode Iway. Dimensi penampang drainase dihitung dengan debit aliran periode ulang 50 tahun. Kesimpulan analisis adalah bahwa, pada umumnya penampang drainase dibagian hulu masih stabil dan mampu menampung debit rencana sebesar 9,02 m3/dt. Penampang drainase dibagian tengah ini masih stabil dan mampu menampung debit rencana sebesar 12.47 m3/dt. Hanya pada satu titik sepanjang 40 m, yaitu pada interval jarak (km 3.419) terdapat penyempitan aliran. Selanjutnya hampir seluruh penampang drainase dibagian hilir tidak mampu menampung kapasitas aliran yang besarnya 13.45 m3/dt, dan perlu dinormalisasi. Keadaan inilah yang menyebabkan terjadinya genangan banjir di kawasan pemukiman di bagian hilir drainase. Solusi untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan ini adalah dengan normalisir trase drainase untuk meningkatkan kapasitas tampungnya.

 

Kata Kunci: kapasitas tampung, drainase, normalisasi trase.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irsyad, Fadli dan Ekaputra, Eri Gas (2015). Analisis Wilayah Konservasi Daerah Aliran Sungai (Das) Kuranji Dengan Aplikasi SWAT. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas Vol. 19, No.1.

Kodoatie, Robert J (2013). Rekayasa dan Manajemen Banjir Kota. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Maizir, Viona Arya Sorandicha (2015). Analisis Relevansi Penggunaan Data Hujan Untuk Menghitung Besaran Debit Batang Sikilang Dengan Metode Rasional (Rational Method), Proseding Seminar Nasional Strategi Pengembangan Infrastruktur ke – 2. Institut Teknologi Padang, ISBN : 978-602-70570-2-9, Tanggal 29 - 30 Juli 2015.

Maizir (2015). Studi Analisis Pengendalian Banjir Batang Kapau di Kota Pariaman. Jurnal Momentum Institut Teknologi Padang, Volume 17, Nomor 1, ISSN 1693-752X.

Sosrodarsono, Suyono. Ir ; Takeda, Kensaku. (1980): Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta; PT. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.