Analisis Dampak Pelebaran Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang

Bayu Budi Irawan, Deni Irda Mazni

Sari


Ruas jalan Khatib Sulaiman merupakan salah satu ruas jalan protokol di Kota Padang yang digunakan oleh masyarakat menuju pusat kota dan sebaliknya. Pada kawasan tersebut telah berkembang menjadi pusat kegiatan jasa seperti: Hotel Whiz Prime, Pusat perbelanjaan “Trans Mart”, Rumah Sakit Hermina, dan lain-lain. Perkembangan tataguna lahan secara tidak langsung akan mempengaruhi pergerakan yang menyebabkan tarikan perjalanan menuju ruas jalan tersebut menjadi bertambah. Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pekerjaan Umum melakukan pelebaran jalan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan kemacetan. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja ruas jalan Khatib Sulaiman. Metode penelitian ini adalah dengan melakukan survey volume lalu lintas dan geometrik ruas jalan. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis kapasitas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa nilai V/C rasio pada titik Depan Trans Mart untuk arah utara menuju selatan pada hari libur terjadi perubahan dari 0,71 menjadi 0,49 dan pada hari kerja dari 0,59 menjadi 0,41. Sedangkan arah selatan menuju utara nilai V/C rasio pada hari libur dari 0,69 menjadi 0,48 dan pada hari kerja dari 0,50 menjadi 0,34. Sedangkan titik di Depan Hotel Whiz Prime nilai V/C untuk arah utara menuju selatan pada hari libur adalah dari 0,48 menjadi 0,34 dan pada hari kerja dari 0,59 menjadi  0,41. Sedangkan untuk arah selatan menuju utara nilai V/C rasio pada hari libur adalah dari 0,49 menjadi 0,33 dan pada hari kerja dari 0,61 menjadi 0,42. Pelebaran ruas jalan Khatib Sulaiman secara umum mampu meningkatkan tingkat kinerja pelayanan dari nilai C menjadi B.

Kata kunci: Pelebaran Jalan, V/C rasio, Tingkat Pelayanan Jalan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaluddin, Iyan. (2012). Bangkitan pergerakan lalu lintas terhadap tata bangunan dan tingkat pelayanan (LoS) di ruas jalan Andi Mallombasang dan jalan Usman Salengke Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Balitbang Kemenhub. (2011). Pedoman Survei Asal Tujuan Transportasi Nasional Tahun 2011. Jakarta.

BPS Kota Padang. (2018). Padang Dalam Angka. BPS Kota Padang. Padang.

Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Dirjen Bina Marga, Jakarta.

Gustav, Reza. (2012). Analisis Kinerja Ruas Jalan HOS Cokroaminoto Akibat Perkembangan Lalu Lintas di Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nugroho, dkk. (2017). Evaluasi Kapasitas Ruas Jalan Pantura Kabupaten Brebes. Universitas Negeri Semarang.

Salim, Noor. (2002). Kajian Kapasitas Jalan Pada Jalan Nasional (Studi kasus Jalan Mangli-Ajung Kabupaten Jember). Universitas Muhammadiyah Jember.

Wahyuni, Desi. (2006). Evaluasi kinerja persimpangan dengan pendekatan simulasi. Universitas Andalas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.