ANALISA PRODUKTIVITAS OPERASI KONSTRUKSI PEKERJAAN LAPIS PONDASI PADA PROYEK JALAN MENGGUNAKAN SIMULASI CYCLONE

dyla midya octavia, nasrul nasrul nasrul, Randi - Saputra

Sari


Produktivitas operasi konstruksi merupakan gambaran produktivitas dari pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Operasi konstruksi adalah level pelaksanaan konstruksi yang fokus pada metode dan proses pelaksanaan di lapangan. Rendahnya produktivitas pelaksanaan dilapangan akan menyebabkan kurang efektifnya penggunaan alat berat sehingga menyebabkan pemborosan biaya. Selain itu juga akan menyebabkan waktu penyelesaian pekerjaan menjadi lebih lama. Penelitian ini menghitung dan menganalisa   produktivitas operasi konstruksi pekerjaan lapis pondasi pada proyek jalan menggunakan metode simulasi CYCLONE. Operasi konstruksi pada proyek jalan umumnya adalah operasi konstruksi yang berulang sepanjang jalan tersebut dibangun. Dengan memodelkan dan mensimulasikan operasi konstruksi, pelaksanaan pekerjaan dilapangan dapat dianalisa dan dikendalikan untuk memastikan bahwa pelaksanaan perkerjaan tersebut efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya. Operasi konstruksi yang terdiri dari beberapa work task yang dilaksanakan di lapangan dimodelkan dengan model  CYCLONE dan disimulasikan dengan WebCYCLONE. Waktu dari masing-masing work task diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan. Dari hasil simulasi diperoleh waktu siklus pelaksanaan operasi konstruksi tersebut adalah 78,2 menit, dengan  produktivitas 0,0128 siklus/menit atau 2,88  m/menit, dimana  untuk 1 siklus  kontraktor menerapkan 1 siklusnya adalah per 3 STA dengan total panjang 75 m per siklus. Peningkatan produktivitas untuk operasi konstruksi akan terjadi pada siklus ke-2 dan seterusnya dengan peningkatan mencapai 0,0229 siklus/menit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduh, M. (2007). “The Development of Simulation Technology for Construction Operations”. (in Indonesian). Proc. of Seminar Nasional Teknik Sipil 2007. Univ. Maranatha. Bandung, Indonesia.

AbouRizk, S. and Mohamed, Y. (2000). “Simphony: an integrated environment for construction simulation.” Proceedings of the 2000 Winter Simulation Conference, pp. 1907-1914. Phoenix, Arizona.

Amin, M., Korniawan, T. (2016). Analisis Produktivitas Pekerjaan Instalasi Façade Curtain Wall Unitized System Pada Proyek High-Rise Building Dengan Metode Simulasi Operasi Konstruksi Berulang (Cyclone).Jurnal Rekayasa Sipil. Universitas Mercubuana.

Halpin, D. W., & A. Senior, B. (2012). Construction Management (4th ed.). Hoboken: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.

Halpin, D. W., & Riggs, L. S. (1992). Planning and Analysis of Construction Operations. New York, USA: John Wiley & Sons, Inc.

Octavia, D.M., (2014). Emission-based Simulation Model for Selecting Concreting Operation’s Method. Conference for Civil Engineering Research Networks. Bandung. Indonesia

Octavia, D.M., (2017). Pemodelan Estimasi Emisi Untuk Metoda Kerja Pengecoran Beton pada Bangunan Bertingkat Tinggi. Jurnal Momentum Institut Teknologi Padang. Vol 19, No. 2, Hal 12-19. ITP Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.