Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk JURNAL TEKNIK SIPIL ITP?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Pedoman penulisan dapat di download disini

Karya penulisan yang diserahkan harus sesuai dengan ketentuan berikut:

Naskah ditulis pada kertas A4, panjang naskah maksimum 12 halaman termasuk tabel dan gambar. Naskah bisa ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau academic English. Semua teks dan gambar harus dapat termuat dalam area penulisan yang dibatasi dengan margin atas dan bawah sebesar 1 inci (2,54 cm) serta margin kiri dan kanan sebesar 1,1 inci (2,79 cm). Gunakan font Times New Roman dengan ukuran 10 pt untuk keseluruhan teks, kecuali tabel dan legenda peta yang diberi keleluasaan untuk menggunakan pilihan Arial atau Arial Narrow. Seluruh naskah dari judul hingga referensi diketik 1 spasi. Naskah tidak boleh memuat header, footer, kecuali page number. Seluruh pengetikan diharuskan menggunakan pengaturan rata kiri-kanan (full justification). Apabila ada keraguan, gunakan pedoman penulisan naskah ini sebagai template.

Judul dan Informasi tentang Penulis

Judul makalah ditulis dengan font Times New Roman 12 pt bold, centered. Gunakan huruf KAPITAL untuk seluruh teks dalam judul makalah, kecuali apabila teks tersebut memuat nama atau identitas yang harus ditulis dengan huruf bukan kapital, misalnya nama unsur (Ge, Na, Pt). Gunakan cetak miring (italic) apabila ada nama asing yang tidak disingkat. Hindari singkatan, kecuali apabila nama-nama yang digunakan sudah dikenal secara luas.

Nama penulis berada di bawah judul setelah diselingi dengan satu baris kosong dengan kombinasi huruf kapital dan bukan kapital, Times New Roman bold, diikuti dengan nama lembaga afiliasi dan alamatnya, serta alamat email yang tertulis di bawahnya, dan ditandai dengan kode angka 1, 2, 3 dan seterusnya.

 Abstrak

Abstrak disusun berdasarkan urutan berikut: tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Abstrak harus ditulis dalam satu paragraf dan tidak mengandung persamaan matematika. Panjang abstrak tidak melebihi 250 kata. Abstrak memuat kata-kata kunci yang terletak di bawah abstrak dan diawali oleh kata “Kata kunci:”. Kata-kata kunci seluruhnya ditulis menggunakan huruf kecil (kecuali kata yang mengharuskan ditulis menggunakan huruf besar di awal kalimat), dan disusun berdasarkan abjad.

Kata kunci: abstrak, JTS, template makalah

Pembagian Bagian, Sub-bagian, dan Sub-subbagian

Setiap judul bagian ditulis dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya, ukuran font 10 pt, KAPITAL, bold dan rata kiri. Gunakan nomor secara urut kecuali untuk Ucapan Terimakasih dan Daftar Pustaka atau Referensi. Bagian-bagian yang harus ada meliputi: (1) Pendahuluan, (2) Metode Penelitian, (3) Hasil dan Pembahasan, serta (4) Kesimpulan. Sub-bagian di bawah setiap bagian diberi judul dengan jenis font yang sama, ukuran 10 pt, bold, rata kiri, tetapi dicetak miring (italic) serta ditandai dengan dua angka yang dipisahkan oleh titik, misalnya 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, dan seterusnya. Untuk sub-subbagian sama seperti sub-bagian, hanya tidak menggunakan bold.

Paragraf

Setiap awal paragraf dimulai dengan indentasi standar (1.27 cm masuk ke kanan). Beri spasi tambahan untuk memisahkan satu paragraf dari paragraf lain, yang bisa diatur melalui spacing before atau after sebesar 6 pt. Aturan penulisan paragraf yang berlaku secara umum, setiap paragraf memuat satu ide pokok tertentu. Satu paragrah terdiri dari beberapa kalimat yang berhubungan antar kalimat. Satu paragraf BUKAN satu kalimat.

Tabel

Semua tabel diberi judul dengan nomor berurutan (1, 2, 3, dan seterusnya), tanpa memperhatikan posisinya di dalam suatu seksi atau bab. Judul tabel harus diletakkan pada posisi tepat di atas tabel, centered. Awalan judul tabel (misalnya Tabel 1) harus diketik bold. Judul tabel diketik dengan ukuran font 10 pt, sedangkan isi tabel diketik dengan ukuran font 10 pt atau lebih kecil. Tabel harus disitir pada teks paragraf sebelum tabel disajikan.

Gambar

Semua gambar diberi judul dengan nomor berurutan (1, 2, 3, dan seterusnya), tanpa memperhatikan posisinya di dalam suatu seksi atau bab. Keterangan gambar harus diletakkan pada posisi tepat di bawah gambar, centered. Awalan keterangan gambar (misalnya Gambar 1) harus diketik bold. Keterangan gambar diketik dengan ukuran font 10 pt. Gambar diharapkan memberikan informasi yang lebih jelas dan mendukung apa yang dijabarkan di dalam teks. Semua gambar harus dirujuk di dalam teks dengan menuliskan “Gambar x” beserta informasi yang menjelaskan maksud dari gambar tersebut. Gambar diletakkan sedekat mungkin dengan kalimat yang mengacu terhadap gambar tersebut.

Gambar berupa peta harus disertai dengan grid koordinat, skala batang, dan orientasi arah utara. Anotasi pada isi peta dapat digunakan selama tidak mengganggu visualisasi pesan yang akan disampaikan. Gambar citra atau peta tidak boleh direntang kanan-kiri atau atas-bawah saja, karena dimensi spasial akan terdistorsi. Gambar yang berupa grafik harus menyajikan keterangan aksis dengan jelas dan keterangan pada grafik dapat terbaca dengan jelas.

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).

  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.

  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

 

Berikut pernyataan mengenai hak dan lisensi dalam Jurnal Teknik Sipil ITP :

1. Lisensi

Penggunaan artikel yang non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International Licence.

 

2. Jaminan Penulis

Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.

 

3. Hak Pengguna

Semangat JTS ITP adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, JTS ITP mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan pekerjaan hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan JTS ITP pada pendistribusian karya dalam jurnal.

 

4. Hak Penulis

Penulis mempertahankan hak-hak berikut:

Hak cipta, dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya sendiri di masa depan, termasuk kuliah dan buku, Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinannya tidak ditawarkan untuk dijual, Hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut, Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini (Jurnal Teknik Sipil ITP).

 

5. Co-Authorship 

Jika artikel itu disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulisnya tentang ketentuan persetujuan ini.

 

6. Pengakhiran

Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau JTS ITP setelah pemberitahuan dua bulan di mana pihak lain telah secara material melanggar perjanjian ini dan gagal untuk memperbaiki pelanggaran tersebut dalam waktu satu bulan setelah diberikan pemberitahuan oleh pihak terminasi yang meminta pelanggaran tersebut untuk diperbaiki. Tidak ada pelanggaran atau pelanggaran perjanjian ini akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi yang diberikan di dalamnya untuk mengakhiri secara otomatis atau mempengaruhi definisi JTS ITP.

 

 

7. Royalti

Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh JTS ITP atau sublisensi-nya.

 

8. Lain-lain

JTS ITP akan menerbitkan artikel (atau menerbitkannya) di jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan dan JTS ITP atau sublisensi-nya telah berkewajiban untuk memiliki artikel yang diterbitkan. JTS ITP dapat menyesuaikan artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca.

 

 

 

 

Pernyataan Privasi

 

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Namun, karena kemajuan dan ketersediaan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet,  Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan melakukan hacking terhadap alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang mungkin ditemukan melalui Internet.

 

Biaya


Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pemrosesan artikel, pengiriman, maupun meninjau artikel. (lanjut..)

Di bawah kondisi yang disebutkan di atas, kami mengesampingkan sepenuhnya bagi penulis dari negara-negara berkembang jika mereka perlu menyerahkan makalah ke  Jurnal Teknik Sipil [JTS] ITP.

Namun, jika penulis atau pihak lain memerlukan cetakan / salinan jurnal, maka IDR 200.000 / Artikel harus dibayarkan untuk pencetakan dan penjilidan.

Silakan kirim email kepada kami yang menyatakan minat Anda pada salinan cetak dan terima rincian lebih lanjut.

 

 

 


Alamat Redaksi :
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Institut Teknologi Padang
Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang 25143, Sumatera Barat

email: jts@itp.ac.id

Web Analytics Lihat Statistik Jurnal Teknik Sipil ITP

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.