PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR PEMILIHAN MOBIL MURAH RAMAH LINGKUNGAN (LOW COST GREEN CAR)

Ganda Yoga Swara, Anisya Anisya

Abstract


Low Cost Green Car (LCGC) adalah salah satu terobosan terbaru yang dilakukan industri otomotif khususnya diindonesia. Mobil dengan konsep ramah lingkungan ini memberikan alternatif pilihan yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen diIndonesia. Sistem Pakar dengan menggunakan metode Forward Chaining ini bertujuan untuk memprediksi mobil LCGC yang sesuai kebutuhan. Data dikumpulkan melalui observasi dan interview yang dilakukan melalui sales dan montir mobil atau pakar yang lebih mengetahui tentang kondisi pasar dan kebutuhan masyarakat. Hasil yang dicapai adalah merancang aplikasi sistem pakar memprediksi mobil LCGC yang sesuai keinginan konsumen berdasarkan jenis transmisi, warna dan harga. Selain itu dalam aplikasi sistem pakar ini juga menampilkan cuplikan video mobil kategori LCGC untuk mempermudah konsumen menentukan pilihan. Tujuan jangka panjang pada aplikasi bisa dilengkapi informasi-informasi kelebihan dan kekurangan mobil LCGC dan penyebaran bengkel-bengkel atau dealer resmi ataupun tidak resmi sehingga masyarakat merasa terbantu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Forward Chaining bisa digunakan untuk melakukan penelusuran untuk mendapatkan hasil prediksi mobil LCGC yang sesuai keinginan.


Keywords


Sistem Pakar, Forward Chaining, LCGC

Full Text:

PDF

References


Arhami Muhammad (2005), “Konsep Dasar Sistem Pakar”, Andi Yogyakarta, Yogyakarta

Deepa et al (2012), “Expert System For

Car Troubleshooting”.

Ginanjar Wiro Sasmito dkk (2011)“Application Expert System of Forward Chaining and The Rule Based Reasoning For Simulation Diagnose Pest and Disease Red Onion and Chili Plant”, Tegal, Indonesia.

Hartati Sri (2008), “Sistem Pakar dan Pengembangannya”, Graha Ilmu Ilmu, Yogyakarta.

Kusrini (2008), “Aplikasi Sistem Pakar”,

Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Shri Shankarlal Sundarbai Shasun Jain College for WomenHersatoto Listiyono (2008), “Merancang dan Membuat Sistem Pakar”, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Universitas Stikubank Semarang.

Suyanto (2007), “Artificial Intelligence”,

Informatika, Bandung

Viswanadha Sarma (2012), “Rule Based

Expert System for Rose Plant”

Wisnu Yudho Untoro (2009), “Penerapan Metode Forward Chaining Pada Penjadwalan Mata Kuliah”, Jurnal Matematika dan Komputer




DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2018.V6.1.42-47

DOI (PDF): https://doi.org/10.21063/jtif.2018.V6.1.42-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.