SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) BERBASIS ONLINE DENGAN METODE KNN (K-NEAREST NEIGHBOR) (Studi kasus : SMPN 1 Koto XI Tarusan)

Eva Yulianti, Yondi Andri Nurdin

Abstract


Saat ini proses seleksi beasiswa membutuhkan proses yang cukup rumit dan lama dalam menentukan hasil akhirnya, salah satu contohnya Bantuan Siswa Miskin (BSM) ini. Dalam pengambilan datanya harus langsung turun kelapangan untuk mengumpulkan data. Dan setelah data terkumpul, maka data tersebut disimpan ke dalam arsip beasiswa BSM, kemudian dilakukan proses perhitungan nilai dan bobot dari masing-masing peserta BSM tadi, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dalam menentukan hasil dari beasiswa tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu panitia dalam melakukan perhitungan dan hasil akhir dari beasiswa BSM ini.Dalam menentukan penerimaan BSM dengan metode K-Nearest Neighbor (KNN) sebagai pedoman untuk pemilihan BSM dengan beberapa kriteria yaitu : nilai rata-rata rapor, pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, dan tanggungan orang tua. Metode ini akan lebih efektif dalam perhitungan yang akan diinputkan oleh tata usaha dan wali kelas. Aplikasi ini dibuat berbasis online dengan menggunakan pemograman PHP dan MySQL sebagai tempat penyimpanan. Proses dalam menentukan penerimaan BSM dengan menggunakan aplikasi yang dibuat ini dapat membantu panitia beasiswa dalam menginput data dan mendapatkan hasilĀ  dari seleksi BSM, setelah itu langsung mendapatkan status lolos atau tidak lolosnya penerima beasiswa sesuai data yang telah di inputkan dan dari nilai bobot yang di peroleh peserta BSM tersebut.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan (SPK), K-Nearest Neighbor (KNN), Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Full Text:

PDF

References


Butar Butar, Oktovantua Tp. Sistem penerimaan bantuan siswa miskin di SMPN 2 Tarabintang menggunakan metode SAW (simple additive weight). Medan.

Fathansyah. Basis data : Informatika Bandung. 2000.

Jogianto, HM. Sistem Informasi, Andi Yogyakarta. 2000.

Kadir, Abdul. Belajar Database menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset. 2008.

Kadir, Abdul. Dasar pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.2002.

Kusrini. Konsep dan aplikasi pendukung keputusan. Yogyakarta: Andi Offset. 2007.

Monita Dita. Sistem pendukung keputusan penerima bantuan langsung tunai dengan menggunakan metode Analytical Hierarcy Process. Medan. 2013.

Nugroho, Bunafit. Aplikasi Pemograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta : Gava Media. 2006.

Suryadi, Kadarsah, Ali Ramdani. Sistem Pendukung Keputusan, Remaja Rosdakarya. 2005.

Turban, Efraim dkk. Decision Support System and Intelegent System. Yogyakarta: Andi Offset. 2005.




DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2018.V6.1.12-17

DOI (PDF): https://doi.org/10.21063/jtif.2018.V6.1.12-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.