METODE TOPSIS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBJEK WISATA

Dede Wira Trise Putra, Susi NoviaSanti, Ganda Yoga Swara, Eva Yulianti

Abstract


Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan salah satu wilayah yang menjadi destinasi wisata populer di Sumatera Barat. Objek wisata yang beragam di Kabupaten Lima Puluh Kota menjadikan banyaknya alternatif pilihan bagi wisatawan. Hal ini menjadi kendala apabila wisatawan ingin melakukan wisata yang dapat menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhannya. Berdasarkan kondisi tersebut maka dirasa perlu rancangan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu wisatawan memperoleh alternatif destinasi wisata yang tepat dan sesuai.Pada rancangan ini kriteria yang digunakan adalah jarak tempuh, waktu, biaya akses, fasilitas, transportasi dan jenis wisata. Pada penelitian ini, metode Sistem Pendukung Keputusan yang digunakan adalah TOPSIS karena metode ini memiliki komputasi yang cepat dan sederhana. Platform yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah  berbasis web untuk mempermudah akses bagi pengguna terhadap sistem. Berdasarkan rancangan yang telah dibangun maka sistem Pendukung Keputusan dengan metode TOPSIS berbasis web dalam pemilihan lokasi wisata dapat digunakan oleh wisatawan dan memberikan alternative lolasi wisata.

Keywords


SPK, TOPSIS, Wisata, Web

Full Text:

PDF

References


Turban, Efraim, Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, Yogyakarta : Andi, 2005.

Chamid, Abdul Ahmad, “Penerapan Topsis Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah”, Jurnal Simetris, Vol. 7, 537 – 544, 2016.

Sastra, Zony, “Pengelolaan Fasilitas Objek Wisata Aka Barayun Lembah harau Berbasis Masyarakat Di Kabupaten LimaPuluh Kota”, JOM Fisip, Vol. 3, 1 – 11, 2016.

Yani, A Ranius, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Destinasi Wisata Unggulan di Kota Palembang”, Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT), 2015, A50-A55.




DOI: http://dx.doi.org/10.21063%2Fjtif.2020.V8.1.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0

 

crossres.org
Indexed at Crossref Indexed at Crossref ...

 

statcounter.com
Visit statcounter.com

 

Visitor Statistic