PEMBANGUNAN SISTEM PELAPORAN KERUSAKAN BANGUNAN BERBASIS WEB

ANISYA ANISYA

Abstract


Kebutuhan fasilitas yang terpelihara dengan baik tentunya dapat mempengaruhi aktifitas dalam gedung. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka diperlukan suatu program kerja pemeliharaan bangunan demi mencapai umur bangunan yang direncanakan. Permasalahan yang ada di kontraktor adalah masih menggunakan komunikasi telepon untuk menerima pelaporan setiap kerusakan gedung. Dari latar belakang tersebut munculah sebuah solusi, yakni dengan membangun aplikasi komputer untuk mendapatkan pengolahan data, dan salah satunya aplikasi berbasis web. Aplikasi ini dibangun berbasis web dan menyediakan informasi mengenai bangunan dalam aspek struktur serta melakukan pengelompokkan kerusakan bedasarkan kriteria kerusakan. Aplikasi ini diuji dengan teknik pengujian Blackbox dimana semua pengujian telah tercapai. Hasil dari aplikasi ini berupa rekap pelaporan pekerjaan pemeliharaan bangunan dimana terdapat 4 kategori kerusakan yaitu kerusakan ringan, kerusakan sedang, kerusakan berat, kerusakan total. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk pelaporan kerusakan bangunan.

Keywords


Web, Blackbox, Kerusakan Bangunan, Pemeliharaan

Full Text:

PDF

References


H. Mulyandari and R. A. Saputra, Pemeliharaan Bangunan - Basic Skill Facility Management, vol. 4, no. 1. 2011.

Y. SUPRIYATNA, “ESTIMASI BIAYA PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG,” vol. 9, no. 2, pp. 147–154, 2007.

M. A. THOHIR, “PRIORITAS PEMELIHARAAN DAN REHABILITASI GEDUNG SEKOLAH DENGAN METODE DYNAMIC PROGRAMMING (Studi Kasus: SMP Negeri 4 Salatiga),” 2018.

W. I. Ervianto, “STUDI PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus Gedung Kampus),” Tek. Sipil, vol. 7, no. juni, pp. 212–223, 200AD.

Ines Desti Indraswuri, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah Unit Pelaksana Teknik Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar (UPTK TK dan SD) Kecamatan Kebonagung,” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi., pp. 1–7, 2015.

Djoko Kirmanto and Dkk., Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 24/PRT/M/2008, vol. 62, no. 1. 2008.

Riandika and R. Trikomara, “Estimasi Biaya Pemeliharaan Bangunan Berdasarkan Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung (PERMEN NOMOR : 24/PRT/M/2008) (Studi Kasus : Gedung Perpustakaan Wilayah Soeman H. S Pekanbaru),” JOM FTEKNIK, vol. 2, 2015.

E. Mawardi et al., “Kajian konsep operasional pemeliharaan gedung sma bina generasi bangsa meulaboh aceh barat 1),” vol. 1, pp. 811–822, 2018.




DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.1-10

DOI (PDF): https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.