SISTEM PAKAR DIAGNOSA INFERTILITAS PADA WANITA MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Minarni Minarni, Henriyanita Henriyanita

Abstract


Infertilitas (kemandulan) adalah ketidakmampuan atau penurunan kemampuan dalam menghasilkan keturunan. Pada kasus infertilitas, perempuan memiliki peran sebesar 40% -50% kasus sedangkan laki-laki sebesar 30% dan penyebab lain  sekitar 20% -30% dari pasangan. Penyebab kemandulan pada wanita lebih sulit diketahui dibandingkan dengan laki-laki. Kebanyakan dari para wanita merasa enggan atau malu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dengan berbagai alasan, misalnya tidak siap untuk menerima hasil diagnosa yang diberikan oleh dokter. Metode Teorema Bayes adalah metode penyelesaian sistem  pakar  yang  menghitung  nilai  probabilitas  suatu  penyakit  dan membandingkan dengan probabilitas setiap gejalanya sehingga jenis penyakit yang didiagnosa akan sesuai dengan gejala yang diderita pasien. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pakar yang dapat digunakan untuk mendiagnosa infertilitas pada wanita dan memberikan cara pencegahan serta solusinya. Aplikasi ini terdiri dari 26 gejala, 5 tingkat diagnosa dan  sistem pakar ini akan menampilkan gejala yang dapat dipilih oleh user, dimana setiap pilihan gejala akan dihitung nilai bobotnya untuk mendapatkan hasil diagnosa. Hasil pengujian menggunakan aplikasi dan manual, yang dilakukan pada 30 data pasien mendapatkan nilai rata-rata selisih sebanyak 0.76%. Pada hasil akhir aplikasi akan menampilkan hasil diagnosa serta solusi dan cara pencegahannya.


Keywords


infertilitas; sistem pakar, metode Bayes

Full Text:

PDF

References


Anggra, Ganda, dkk. Membangun Sistem Pakar Menggunakan Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Paru-paru. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta. (2016)

Domar, Alice D, Ph.D., dkk. . Conquering Infertility: Dr. Alice Domar’s Guide to Enhancing Fertility and Coping with Infertility. New York: Viking. (2002)

Fathansyah. Basis Data Revisi Kedua. Bandung: Informatika (2015)

Fauziah, Yulia, S.Kep. Infertilitas dan Gangguan Reproduksi Wanita. Yogyakarta: Nuha Medika. (2012)

Khadir, Abdul. Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi Offset.(2008)

Khair, Abdul. Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset. (2008)

Nugroho, Bunafit. Aplikasi Pemograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL (Studi Kasus, Membuat Sistem Informasi Pengolahan Data Buku). Yogyakarta: Gaya Media. (2008)

Mahmudi, Ali, dkk. Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Tanaman Cabai Menggunakan Metode Bayes. Malang: Institut Teknologi Nasional. (2016)

Sari, Tia Munika. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Menggunakan Metode Teorema Bayes. Padang: Institut Teknologi Padang (2016)

Simarmata, Sepdiarina. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mandul Pada Pria dan Wanita dengan Menggunakan Certainty Factor Berbasis WEB. Medan: STMIK Budidarma Medan (2014)

Sutojo.T, S.Si, M.Kom dkk. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. (2010)

Suyanto. Artificial Intelligence. Bandung: Informatika. (2014)




DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.67-72

DOI (PDF): https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.67-72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.