Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD

Dede Wira Trise Putra, Rahmi Andriani

Abstract


Restitusi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) merupakan kegiatan rutin dalam mengelola pengeluaran keuangan sebuah institusi. Pengajuan restitusi SPPD yang menggunakan pengajuan dengan sistem lama menimbulkan masalah dengan waktu yang lama dan penumpukan data. Penumpukan data terjadi karena tidak adanya validasi sehingga bisa menimbulkan duplikasi data. Salah satu solusi adalah dengan membuat sistem informasi pengelolaan restitusi SPPD bagi penguuna. Sistem informasi yang dirancang mengikuti kaidah pembangunan perangkat lunak. Perancangan sistem informasi restitusi ini diawali dengan analisa dan dilanjutkan dengan pemodelan. Pemodelan dalam rancangan sebuah sistem merupakan bagian penting yang menjadi dasar sukses atau tidaknya sebuah sistem yang dibangun. Salah satu metode dalam pemodelan adalah menggunakan Unified Modelling Language (UML). Perancangan menggunakan UML dapat memindahkan kebutuhan terhadap perangkat lunak yang akan dibangun. UML yang telah dirancang dapat membuat perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan institusi pemakai. Perangkat lunak yang dirancang dapatĀ  digunakan oleh institusi dalam pengolahan data restitusi SPPD. Perangkat lunak dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan sudah memiliki Interface dal alur program seperti yang dirancang pada UML

Keywords


uml, pemodelan, restitusi, perangkat lunak

Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul. 2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP+ Database MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadir, Abdul. 2013. Teknologi Informasi edisi Revisi. Yogyakarta : Andi Offset.

Mandala. Eka Praja Wiyata. 2015. Web Programming Project 1 : epwm Forum. Yogyakarta : Andi.

Oetomo, Dharma dkk. 2006. Konsep dan Aplikasi Pemrograman Client Server dan Sistem Terdistribusi. Yogyakarta : Andi Offset.

Putra, Dede Wira Trise dan Jendra Jonika Putra. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pencarian Lowongan Pekerjaan. Jurnal Teknoif. 6(1) : 48-54.

S. Rosa A. dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak: Terstukstur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.




DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.32-39

DOI (PDF): https://doi.org/10.21063/jtif.2019.V7.1.32-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.