Rekayasa Perangkat Lunak Hemat Energi Berbasis Android Untuk Aplikasi Pemilihan Lampu Dalam Ruangan

Perinov Perinov, Monice Monice

Sari


Penerangan merupakan salah satu sektor yang banyak mengkonsumsi energi listrik yang diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan sehingga sangat memerlukan pengoptimalan dalam pemanfaatannya yang akan dapat memberikan penghematan energi yang besar. Salah satu cara pengoptimalannya adalah menggunakan lampu penerangan yang tepat sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi daya listrik dan besar luminansinya sesuai dengan luas ruangan dan jenis kegiatan yang dilakukan. Dengan berbagai variasi luas dan kondisi ruangan, hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimakah cara yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat untuk menentukan lampu penerangan yang tepat untuk digunakan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk  pertanyaan tersebut yaitu dengan melakukan rekayasa perangkat lunak hemat energi berbasis android untuk aplikasi pemilihan lampu dalam ruangan.  Dengan menggunakan perangkat lunak ini maka pengguna akan mendapatkan saran tipe lampu yang tepat untuk digunakan berdasar masukan yang diberikan. Rekayasa perangkat lunak ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Android Studio dengan menggunakan standar penentuan kebutuhan luminansi berdasarkan luas dan kondisi ruangan. Hasil penelitian ini diharapkan menghasilkan perangkat lunak hemat energi berbasis android untuk aplikasi pemilihan lampu dalam ruangan yang dapat berguna bagi untuk penghematan energi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chartered Institution of Building Services Engineers, Society of Light and Lighting (Eds.), 2002. Code for lighting, 16. ed. ed. Butterworth-Heinemann, Oxford.

DiLaura, D., Illuminating Engineering Society of North America (Eds.), 2011. The lighting handbook: reference and application, 10. ed. ed. Illuminating Engineering Society of North America, New York, NY.

Muhamad, W.N.W., Zain, M.Y.M., Wahab, N., Aziz, N.H.A., Kadir, R.A., 2010. Energy Efficient Lighting System Design for Building. IEEE, pp. 282–286. doi:10.1109/ISMS.2010.59




DOI: http://dx.doi.org/10.21063%2FJTE.2020.3133907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.