Disain Remote Control Hoist Berbasis Gelombang Radio AM Frekuensi 40,82 MHz

Al Al, Zoni Maiyoza

Sari


Sumber daya listrik merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari baik untuk penerangan, barang-barang elektronik. Dengan adanya listrik maka peralatan elektronik seperti lampu dan yang lainnya dapat dioperasikan. Namun dalam pengoperasian tersebut terkadang sulit dilakukan seperti menyala hidupkan lampu, membuka tutup pintu gerbang, memati hidupkan pompa air, karena masih dilakukan secara manual. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara menerapkan alat yang dapat mengontrol dari jarak jauh dengan mudah yaitu dengan menggunakan remote control. Remote Control adalah suatu alat portable yang dapat digunakan untuk memati hidupkan atau menyambung dan memutuskan aliran listrik darijarak jauh tanpa menggunakan kabel penghubung. Peralatan remote control menggunakan seperangkat pemancar dan penerima dan menggerakkan suatu relay yang berfungsi sebagai pemutus dan menyambung aliran listrik, sedangkan pemancar dan penerima berfungsi sebagai pengirim dan penerima data signal digital ke remot radio kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi remote kontrol pada mesin hoist di Cement Mill Indarung IV PT. Semen Padang dapat menggantikan saklar manual sehingga menjadi lebih efisien dalam proses menggerakan motor Hoist di cement mill. Hasil analisis perbandingan antara penggunaaan push button dengan menggunakan saklar biasa dan remote radio control dapat menghemat penggunaan kabel sekitar 27 meter.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adimas Ari Irawan dan Sunggono Asi, K. Amien S. 1994. Teknik Komunikasi Elektronika, Solo : CV. ANEKA.

Anonim, 2009. konsep remote control,http://electronicschema.blogspot.com /2009/12/konsep remote-control.html diakses tanggal 28 Mei 2010.

Bhatia, B.E, A Electric Overhead Traveling (EOT) Cranes and Hoists www.PDHcenter.com 2012.

D Chattopadhyay , 1989. Dasar Eektronika , Jakarta : Universitas Indonesia (UI - Press).

Drs RM Francis D. Yuri, 1995. Teknik Merakit dan Service Radio Remote Control.

Millman, Jakob; Mikroelektronika, Sistem Digital dan Rangkaian Analog, jilid 1 dan jilid 2; Penerbit Erlangga, 1986.

Ropeworks, United, 1970. Induction Motor Performance When Fed From Single To Three Phase Converter. IEEE. England: University Of Newcastle Upon Tyne.

Superheterodyne Radio Receiver Basics. Artikel Intrnet : http://www.electronics-radio.com/articels/radio/receivers/superheterodyne-radio/superheterodyne.

Wardhana, Lingga. 2006. Belajar Sendiri Mikrokontroller AVR Seri ATMega 8535 Simulasi Hardware, dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Office.

Zuhal, 1985, Dasar Tenaga Listrik, cetakan ketiga, terbitan kedua, penerbit ITB, Bandung.

Zuhal, 1991. Mengupas Tuntas Berbagai Motor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.