Perancangan Pengendali Suhu Air Pada Bak Mandi Menggunakan Fuzzy Logic Controller

Alfith Alfith, Antonov Bachtiar, Algizan A. A.

Sari


Suhu  ialah  salah  satu  parameter  yang  sangat  penting  dalam  kehidupan.  Salah satunya  alat  yang menggunakan suhu sebagai parameter kerjanya ialah pemanas air. Pemanas air khususnya pemanas air elektrik semakin banyak kegunaannya dari tahun ke tahun. Baik untuk memanaskan air untuk minum, mandi, berendam, dan untuk membuat makanan. Dari semua kemudahan itu manusia akan semakin dimanjakan oleh kemajuan teknologi. Seperti salah satu contoh yang telah disebutkan sebelumnya, pemanas air elektrik dapat digunakan sebagai pemanas air untuk berendam. Berendam membuat tubuh manusia menjadi rileks dan lebih nyaman, terutama ketika setelah melakukan aktivitas maupun pada saat cuaca sedang dingin. Parameter suhu air yang optimal bagi tubuh manusia ialah ± 40°C. Fuzzy Logic adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu-ribu aplikasi dalam pengendali yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Cocok untuk diimplementasikan pada sistem yang sederhana, kecil, tertanam pada mikrokontroller, PC multi-channel atau workstation berbasis akuisisi data dan kontrol sistem. Fuzzy logic menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulan pasti dari informasi dari informasi yang ambigu, samar-samar, atau tidak tepat.

 

Kata kunci : Temperatur, Fuzzy Logic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Febrianto Nurdani, (2016), Rancang Bangun Kontrol Suhu Air Pada Prototipe Pemanas Air Menggunakan Logika Fuzzy, tugas akhir Teknik Elektro Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom.

Hadrul Reza Muaz (2018), Perancangan Sistem Kendali Suhu Dan Kelembaban Ruangan Berbasis Arduino Uno Dengan Metoda Logika Fuzzy Tsukamoto.

Iqbal, Muhammad, Pengaturan Suhu Cairan yangMengalir dengan Fuzzy Logic Controller, Penelitian, Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro,Semarang, 2001. Nugroho Aprilia Dwi (2017), Room Heater Control Berbasis Fuzzy Logic Controller (FLC).

Lee, Chuen Chien. 1990. “Fuzzy Logic in Control System: Fuzzy logic Controller – Part I.” IEEE Trans. Syst., Man, Cybern. Vol.20, no. 2, hal. 404-418.

Lee, Chuen Chien. 1990. “Fuzzy Logic in Control System: Fuzzy logic Controller – Part II.” IEEE Trans. Syst., Man, Cybern. Vol.20, no. 2, hal. 419-435.

Romadhan S. (2014), Menggunakan Kontrol fuzzy logic controller untuk pengaturan suhu cairan berbasis atmega16.

Wahab Faisal (2017), ”Desain dan Purwarupa Fuzzy Logic Control untuk Pengendalian Suhu Ruangan Pengujian sistem ini dilakukan dengan membandingkan hasil keluaran pengendali melalui simulasi Fuzzy Logic Toolbox yang tersedia pada MATLAB.

Juwana dan M. Unggul. 2006. Sistem Kontrol Proses dan PLC.

Gumilang Sejati, Tedy. 2015. Klasifikasi Suara Burung Lovebird dengan Algoritma Fuzzy Logic. Bandung. Universitas TELKOM.

Jun Yan, Michael Ryan and James Power, Using Fuzzy Logic, Prentice Hall, New York,1994.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.