Implementasi 2 Lilitan Phasa Terhubung Terhadap Tegangan Pada Motor Brushless Direct Current (BLDC) Rotor Luar Dengan Analisis Anova

Sitti Amalia

Sari


Bagian penggerak merupakan bagian utama dari sebuah kendaraan. Salah satu bagian dari penggerak adalah Brushless Direct Current Motor (BLDC). BLDC memiliki banyak keunggulan dari motor DC, salah satunya adalah komutasi yang dapat dipisahkan, yaitu komutasi 2 lilitan phasa terhubung. Komutasi 2 lilitan phasa terhubung proses awal pergerakannya dimulai dari 300 untuk setiap perpindahannya secara elektrik. Dalam penelitian ini respon yang ingin dilihat adalah jumlah RPM pada setiap kenaikan duty-cycle yang diberikan pada motor BLDC, dengan memvariasikan nilai tegangan dan anova merupakan metode keilmuan statistik yang digunakan untuk melihat respon sistem. Dalam penelitian ini telah diimplementasikan dengan baik sistem kendali kecepatan BLDC degan pengaturan duty-cycle.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Paul A.R, and George Mary, "Brushless DC Motor Control Using Digital PWM Technique," IEEE, pp. 1-6, 2011.

P. Alaeinovin, S. Chiniforoosh and J. Jatskevich, "Evaluating Misalignment of Hall Sensors in Brushless DC Motor," IEEE, pp. 1-6, 2008.

Fathoni, K., Perancangan dan Implementasi Sistem Kendali Kecepatan Motor Magnet Permanen Tiga Fasa sebagai Motor Arus Searah tanpa Sikat, Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

Tadeus, D.Y., Perancangan dan Implementasi Rangkaian Sistem Kendali Posisi Rotor Magnet Permanen Tanpa Sikat yang Diperankan Sebagai Motor Stepper, Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

Hartono, R, Perancangan dan Implementasi Sistem Kendali Sinkronisasi Kecepatan Dua Motor Magnet Permanent Tiga Fasa , Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

bagenda, D.N, Rancang Bangun Sistem Kendali Sudut Pada Motor mangnet Permanent Sebagai Motor Stepper Dengan Pengaturan PWM , Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

Universitas Islam Indonesia, Anova OneWay, Bandung, Universitas Islam 2013

Dharmawan, Abe. Pengendali Motor DC Brushless dengan Metode PWM Sinusoidal Menggunakan ATMega16. 2009.

Tri Sutrisno, Himawan., Borian, Pinto.: Kursi Roda Elektris. 2012. diakses pada tanggal 20 maret 2015


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.