Studi Analisa Kinerja Transformator Pemakaian Sendiri PT. PLN (Persero) Sektor Bukittinggi PLTA Batang Agam Dengan Menggunakan ESA

Antonov Bachtiar, Mirtha Isnay Samindha, Aswir Premadi

Sari


Transformator distribusi pada PLTA Batang Agam merupakan suatu peralatan yang penting dalam operasional pembangkitan karena berfungsi untuk mentransformasikan energi listrik yaitu menurunkan tegangan dari 20 kV ke 400 V. Berdasarkan hasil pengukuran terakhir menggunakan ESA sebanyak 6 kali yang dilakukan pada trafo dengan daya 125 kVA presentase pembebanan tertinggi sebesar 14,122% dan nilai prosentase arus netral tertinggi untuk 6 kali pengukuran yaitu 40,792%. Pembebanan yang tinggi mempengaruhi pada kualitas dan life time trafo. Begitu pula besarnya ketidakseimbangan beban juga berpengaruh terhadap besarnya arus netral yang mengalir pada penghantar netral dan tanah trafo. Tujuan dari laporan akhir ini adalah untuk mengetahui kinerja trafo berdasarkan pembebanan, ketidakseimbangan beban, arus netral, harmonisa, efisiensi dan life time pada serta memberikan usulan langkah perbaikan agar kinerja trafo baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Deni Mulyadi, MeTrik Polban, Vol.5, No.1, 24-28, 2011.

Badaruddin, MT, Ir. 2012. Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral dan Losses pada Trafo Distribusi Proyek Rusunami Gading Icon.

Ermawanto.Analisa Berlangganan Listrik Antara Tegangan Menengah dengan Teganga Rendah (TR) dan Analisa Efisiensi Trafo Dalam Rangka.

Habibah Zahra Faluqi, Heryogka Ahmad Waritza. 2014. Studi Evaluasi Kinerja Trafo Distribusi 20 KV sebagai Input Database Berbasis Web Local di PT. PLN (Persero) Rayon Blimbing.

Hardi, Supri & Yaman. Peredaman Harmonisa dan Perbaikan Faktor Daya Aplikasi Beban Rumah Tangga.

I Wayan Rinas. 2012. Studi Analisis Losses dan Derating Akibat Pengaruh THD pada Gardu Transformator Daya di Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Jurnal Sain dan Teknologi, Agustus. 2009. Volume 7, Nomor 2. Transformator Tiga Fasa Hubungan Open-Delta.

Lumbanraja, Hotdes. 2008. Pengaruh Beban Tidak Seimbang Terhadap Efisiensi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.