Analisa Perhitungan Pompanisasi Irigasi Dengan Menggunakan Tenaga Panel Surya Di Daerah Koto Baru Simalanggang Payakumbuh

Asnal Effendi, Fikrie Rainaldi

Sari


Air merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, baik untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan lain-lain. Maka setiap kehidupan tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan air.  Ketersediaan air yang mudah merupakan cermin kehidupan yang baik dan dapat meningkatkan mutu taraf ekonomi masyarakat. Jaman sekarang untuk mengambil air dari sumbernya cukup mudah yaitu menggunakan pompa air karena cukup efisien dan mudah mendapatkan pompa air sesuai kebutuhan masing – masing. Akan tetapi masalah yang sering muncul adalah tidak adanya sumber aliran air seperti sungai atau danau yang bisa dimanfaatkan sebagai perairan sawah dan ladang para petani. Maka dari itu, hal ini akan berdampak buruk pada hasil pertanian apalagi ketika musim kemarau. Dari segi sumber penggerak pompa air yaitu ketersediaan listrik, untuk daerah terpencil masih belum tersentuh jaringan listrik negara. Di Wilayah Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa, ketersediaan sinar matahari sangat melimpah dan gratis. Maka ini dapat digunakan sebagai sumber energi listrik untuk pompanisasi irigasi dengan menggunakan tenaga panel surya. Dengan daya pompa 6,2731 kW dan kecepatan aliran debit 39 m3/jam untuk memenuhi tanki 9 m3 membutuhkan waktu selama 69 menit dengan debit 9,4 liter/detik dengan daya yang dihasilkan oleh panel surya sebesar 7.680 Wattpeak (Wp).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. Hartono, “Perancangan Pompa Air Tenaga Surya,” vol. 9, no. 1, pp. 28-33, 2016.

fahrizal, “Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Proyek Pengadaan Air Bersih Desa Batas,” vol. 2, pp. 11-17, 2010.

A. A. Zekry, “Estimated performance of photovoltaic irrigation systems under different operating conditions,” 2004.

D. T. Maizir Sipil, “Pemanfaatan Energi Surya Untuk Mencukupi Kebutuhan Air Untuk Irigasi Di Provinsi Sumatera Barat,” vol. 4, pp. 34-41, 2017.

A. K. S. M. A.-c. C. A. Ameur Khaled and Hadjaissa Boubakeur, “improvement of a photovoltaic pumping system for irrigation of greenhouse,” vol. 2, 2012.

G. Dadhich, “Economic Comparison of Solar PV and Diesel Water Pumping System,” 2009.

s. h. subandi, “pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air dengan menggunakan solar cell,” 2015.

t. a. e. g. hicks, Teknologi Pemakaian Pompa, jakarta, 1996.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.