Pengendali Lengan Robot Dengan Mikrokontroler Arduino Berbasis Smartphone

Purwono Prasetyawan, Yopan Ferdianto, Syaiful Ahdan, Fika Trisnawati

Sari


Kemajuan dalam bidang elektronika ini telah membawa suatu dampak yang sangat baik dalam dunia industri. Pada masanya peralatan elektronik ini telah banyak digunakan sebagai pengendali yang bersifat otomatis. Untuk itulah sejalan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat khususnya dalam dunia industri, maka diciptakanlah robot-robot otomatis yang dikendalikan oleh teknologi komputer yang tanpa kabel (wireless). Pada penelitian ini menggunakan Arduino Uno yang sebagi mikrokontroler pengendali lengan robot dengan kontrol smartphone berbasis android dengan komunikasi antara handphone Smartphone Android ke perangkat hardware menggunakan Bluethooth. Data akan dikirimkan melalui smartphone android menggunakan bluetooth, kemudian bluetooth HC-05 akan menerima data yang selanjutnya diteruskan pada mikrokontroler arduino dan diolah mikrokontroler untuk memberikan perintah kepada motor servo sehingga lengan robot akan bergerak sesuai dengan perintah yang sudah dibuat pada lengan tersebut. Dari hasil pengujian pada penelitian ini menunjukan rangkaian lengan robot telah berjalan dengan baik jika dilihat dari catu daya, rangkaian pengendali, rangkaian Bluetooth dan rangkaian keseluruhan. Akan tetapi pada pengujian rangkaian Bluetooth menunjukan bahwa rangkaian dapat menerima data dari smarthphone maksimal dengan jarak 10 meter tanpa halangan dan 6 meter dengan halangan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Masykuri, "Sistem Pengendalian Lengan Robot dengan Interfacing Java Berbasis ATMEGA 8535," Naskah Publikasi STMIK AMIKOM Yogyakarta 2010.

D. Caysar, G. D. Nusantoro, and E. Yudaningtyas, "Pengaturan Pergerakan Robot Lengan Smart Arm Robotic Ax-12a Melalui Pendekatan Geometry Based Kinematic Menggunakan Arduino," Jurnal Mahasiswa TEUB, vol. 2, no. 7, 2014.

M. Didi, E. D. Marindani, and A. Elbani, "Rancang Bangun Pengendalian Robot Lengan 4 DOF dengan GUI (Graphical User Interface) Berbasis Arduino Uno," Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, vol. 1, no. 1, 2016.

P. Miraditya, Harianto, and M. C. Wibowo, "Rancang Bangun Alat Pemesanan Menu Makanan Otomatis Berbasis Microcontroller Dengan Komunikasi TCP/IP," Journal of Control and Network Systems, vol. 3, no. 2, 2014.

M. Ichwan, M. G. Husada, and M. I. Ar Rasyid, "Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android," Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, 2013.

T. S. Sollu, "Aplikasi Dan Tinjauan Teknis Bluetooth Untuk Komunikasi Tanpa Kabel," Jurnal SMARTek, vol. 4, no. 4, 2006.

P. Rahmiati, G. Firdaus, and N. Fathorrahman, "Implementasi Sistem Bluetooth Menggunakan Android Dan Arduino Untuk Kendali Peralatan Elektronik.," Jurnal ELKOMIKA, vol. 2, no. 1, 2014.

A. Zainuri, U. Wibawa, and E. Maulana, "Implementasi Bluetooth HC–05 untuk Memperbarui Informasi Pada Perangkat Running Text Berbasis Android," Jurnal EECCIS, vol. 9, no. 2, 2015.

A. F. Silvia, E. Haritman, and Y. Muladi, "Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android," ELECTRANS, vol. 13, no. 1, 2014.

S. J. Sokop, D. J. Mamahit, and S. R. U. A. Sompie, "Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno," E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 5, no. 3, 2016.

Sumarsono and D. W. Saptaningtyas, "Pengembangan Mikrokontroler Sebagai Remote Control Berbasis Android," JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 11, no. 1, 2018.

Syahrul, "Karakteristik dan Pengontrolan Servo," Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 8, no. 2, 2011.

Sujarwata, "Pengendali Motor Servo Berbasis Mikrokontroler Basic STAMP 2SX Untuk Mengembangkan Sistem Robotika," ANGKASA, vol. V, no. 1, 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.