Evaluasi Dampak Pemindahan Supply Pembebanan Pada Percabangan PT.AMP Penyulang Padang Koto Gadang Terhadap Drop Tegangan Jaringan Tegangan Menengah

Dasman Dasman, Andi M. Nur Putra

Sari


Penyulang Padang Koto Gadang merupakan salah satu penyulang terpanjang di PT PLN (Persero) Rayon Lubuk Basung, dengan panjang total jaringan tegangan menengah adalah 125,5 kms. Sementara jarak, arus beban, serta luas penampang penghantar yang digunakan pada suatu jaringan tegangan menengah sangat mempengaruhi drop tegangan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi untuk mengevaluasi drop tegangan pada penyulang tersebut. Menurut SPLN 72:1987 drop tegangan yang diizinkan sebesar 5%. Maka dari itu, diperlukan solusi untuk menurunkan drop tegangan pada penyulang agar sesuai dengan standar PLN. Salah satunya dengan merubah pola pembebanan pada percabangan PT AMP. Supply pembebanan dirubah dengan cara memperpendek jarak dan mengoptimalkan luas penampang kawat AAAC 240 mm2 yang memiliki KHA lebih baik. Hasil analisis dan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan software  ETAP 12.6, diketahui drop tegangan sebelum dan sesudah dilakukannya pemindahan beban adalah 6,02% dengan nilai tegangan ujung 18,795 kV. Sedangkan setelah dilakukan pemindahan beban, drop tegangan adalah 4,54% dengan nilai tegangan ujung 19.092 kV. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hasyim’ari. dkk. 2003. “Perbaikan Tegangan untuk Konsumen”.

Hontong, NolkiJonal. dkk. 2015. “Analisa Rugi–Rugi Daya Pada JaringanDistribusi Di PT. PLN Palu”.

Kadir, A. 2006. Distribusi dan Utilitas Tenaga Listrik.Jakarta :Universitas Indonesia Press.

Laboratorium Sistem Tenaga Listrik. 2011. Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik”.

Marsudi D. 2006. Operasi Sistem Tenaga Listrik Edisi Kedua. Yogyakarta :GrahaIlmu.

Muhammad, G. C. S. 2010. “Analisa Jatuh Tegangan Gardu Distribusi Primer 20 KV Pada PT.Pln (Persero) Sektor Keramasan Palembang”.

Muhdar,Isla. Juniarti dan Suherman Yunus. 2013. Evaluasi Drop Tegangan Pada Jaringan Tegangan Menengah 20 KV Feeder Bojo PT PLN (Persero) Rayon Mattirotasi”.

Riski, Aldi. 2013.“Pengaruh Penambahan Jaringan Terhadap Drop Tegangan pada SUTM 20 kV Feeder Kersik Tuo Rayon Kersik Tuo Kabupaten Kerinci”.

S, Julen Kartoni dan Edy Ervianto. 2016. “Analisa Rekonfigurasi Pembebanan Untuk Mengurangi Rugi–rugi Daya Pada Saluran Distribusi 20 kV”

SPLN No.72. (1987) : Spesifikasi Desain Untuk Jaringan Tegangan Menengah dan Jaringan Tegangan Rendah, Jakarta, PT. PLN (Persero).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.