Sistem Kendali Distribusi Air Bersih Berbasis RFID (Radio Frequency Identification) Menggunakan Arduino

Qory Hidayati

Sari


Air merupakan sumber kehidupan, fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Sehingga pemeliharaan terhadap lingkungan terutama ketersedian air adalah hal yang perlu diperhatikan, dalam penelitian ini dirancang dan dibuat sebuah alat yang dapat memberikan informasi dan peringatan dini mengenai penggunaan air sehari- hari agar terhindar dari penggunaan air secara berlebihan dengan menggunakan RFID (radio frequency identification), sensor Flowmeter dan Arduino Uno R3 sebagai otak dari alat ini. RFID berfungsi untuk menentukan jumlah volume air yang dapat mengalir melalui sensor memanfaatkan pembacaan nomor id tag RFID , setelah itu maka selenoid akan terbuka kemudian air dapat mengalir melalui sensor dan jumlah volume air tersebut akan ditampilkn oleh LCD (liquid Crystal display) sehingga memberikan tampilan digital, selain itu pada   alat ini terdapat dua kondisi yaitu level peringatan dan level kontrol,sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan monitoring penggunaan air sehari- hari. Hasil tugas akhir ini menunjukan keakuratan yang cukup baik yaitu 99.2 % dengan error 0.3 liter.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, MS.B., Julius, M., Setyawan, R.A. 2013. Aplikasi Rfid Untuk Sistem Presensi Mahasiswa Di Universitas Brawijaya Berbasis Protocol Internet, Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

ARDUINO, “Datasheet Arduiono Uno R3”

Charles H. Roth, jr. , Larry L.Kinney : Fundamental Of Logic Design.

John-David Warren, John Adams, and Harald Molle. Arduino Robotics.

Nalwan, Andi. 2012. Teknik Rancang Bangun Robot. Penerbit Andi. Yogyakarta

Robert Falydi, 2011. Building Wireless Sensor Networks.

Rilo, Wahyu 2015: Implementasi Smartphone Sebagai Pengontrol Penerangan umah Jarak Jauh Berbasis Arduino Uno R3, Politeknik Negeri Balikpapan

Sutono, 2016, Monitoring Distribusi Air Bersih, Jurnal Ilmiah SETRUM – Volume 5, No.1, Juni 2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.