Pemanfaatan Pin Control Dalam Upaya Meningkatkan Kapasitas Pin Data pada Port Parallel untuk Mengendalikan Motor Langkah

Sepannur Bandri

Sari


Port parallel (DB25) merupakan interface yang dapat dimanfaatkan sebagai penghubung untuk sistem kendali, hanya saja pin pada port parallel ini  hanya terdiri dari 8 pin data yang bisa difungsikan  sebagai pin output untuk mengendalikan motor langkah  (Stepper) 4 fase sehingga pin data yang hanya berjumlah 8 Pin hanya bisa mengontrol 2 buah motor langkah. Dengan memanfaatkan salah satu Pin Kontrol yang berfungsi untuk mengaktifkan relay untuk mengatur perpindahan pengontrolan motor langkah maka kapasitas dari pin data dapat meningkat menjadi 100% yaitunya motor langkah 4 fase dapat di kontrol sebanyak 4 Buah dengan memanfaatkan 8 pin Data dan 1 pin Kontrol. Hasil dari peningkatan kapasitas pin data ini diaplikasi melalui prototype sistem parkir, yang mana satu motor langkah 4 fase di pergunakan untuk penggerak Portal gerbang masuk dengan gerakan buka dan tutup sedangkan 3 buah motor langkah yang lainnya dipergunakan untuk penggerak 3 blok parkir dengan gerakan naik dan turun.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agfianto, E.P. 2002. Teknik Antarmuka Komputer Konsep Dan Aplikasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sudono, Agus. 2004. Memanfaatkan Port Printer Komputer Menggunakan Delphi. Smartbooks: Semarang.

Sutadi, Dwi. 2003. I/O Bus & Motherboard. Andi: Yogyakarta

Prasetia, R. dan C.E. Widodo.2004 Teori Dan Praktek Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0. Andi: Yogyakarta.

------, Motor Stepper, http://www.zonaelektro.net/ motor-stepper: 21 Oktober 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.