Analisa Pengecekan Peralatan Arrester Menggunakan Thermovisi pada Bay Indarung 1 Gardu Induk Pauh Limo

Sitti Amalia, Rafika Andari, Ezi Azhari

Sari


Pemanasaan (hot point) yang terjadi pada peralatan Gardu Induk (switchyard) disebabkan oleh arus yang mengalir dalam konduktor akibat adanya hambatan. Bagian yang sering mengalami pemanasan adalah bagian terminal dan sambungan pada switchyard, terutama antara dua logam yang berbeda, serta penampang konduktor yang mengecil karena korosi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan investigasi pada bagian terminal dan sambungan tersebut, dengan cara melakukan pengontrolan atau pengecekan suhunya menggunakan thermovisi. Hasil pengujian menunjukan bahwa suhu panas pada peralatan arrester pada Bay Indarung 1 Gardu Induk Pauh Limo masih berada pada kondisi normal dimana suhunya berkisar antara 20°C - 43°C. Selisih suhu antar fasa peralatan arrester pada Bay Indarung 1 Gardu Induk Pauh Limo tidak ada yang mencapai kondisi III, namun sudah ada yang mencapai kondisi I dan II sehingga perlu dilakukan rencana perbaikan guna menghindari terjadinya hubung singkat antar fasa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


PT. PLN (PERSERO), 2014. Himpunan Buku Pedoman Pemeliharan Primer Gardu Induk. No. 0520-2.K/DIR/2014. Jakarta.

Yusmartato, dkk. 2017. Pembangunan Gardu Induk 150 kV di Desa Parbaba Dolok Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Journal of Electrical Technology, Vol. 2, No. 3, Oktober 2017.

Marsudi Ditjeng. 2006. Operasi Sistem Tenaga Listrik. Erlangga: Jakarta.

Hakim, Fahreza Abi. 2018. Analisis Kinerja Surge Arrester Terhadap Kenaikan Tegangan Akibat Sambaran Petir Di Saluran Overhead Contact System (Ocs) Kereta Rel Listrik 1500 Volt. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Avryansyah Akbar, Airlangga. 2013. Pemeliharaan Lightning Arrester (LA) Pada Gardu Induk Krapyak 150 Kv Pt. Pln (Persero) P3b Jawa – Bali App Semarang”. https://anzdoc.com/pemeliharaan- lightning-arrester-la-pada-gardu-induk-krapyak-.html.

https://www.bloglistrik.com/2016/07/lightning-arrester-la.html. Diakses pada Agustus 2019.

Tobing, L. B. 2003 a. Peralatan Tegangan Tinggi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hajar, Ibnu. 2017. Kajian Pemasangan Lightning Arrester Pada Sisi Hv Transformator Daya Unit Satu Gardu Induk Teluk Betung. Jurnal Ilmiah Energi dan Kelistrikan Vol. 9 No. 2. Sekolah Tinggi Teknik PLN.

Putra, R. 2018 Thermovisi Dalam Melihat Hot Point Pada Gardu Induk 150 Kv Palur. Skripsi Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putra, Julda. 2019 Analisis Pemeliharaan dan Penempatan Lightning Arrester Bay Bawen 2 Gardu Induk 150 kV Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21063%2FJTE.2020.3133901

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.