Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Teknik Elektro?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Persiapan Naskah:

  1. Naskah dikirim dalam bentuk format world (*.doc atau *.docx);
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan ejaan yang benar, tata kalimat dan tata paragraf yang sesuai dengan tata bahasa yang digunakan;
  3. Naskah disusun atas format satu kolom;
  4. Judul artikel sebaiknya ringkas dan informatif, serta hindari penggunaan singkatan;
  5. Semua nama penulis dibuat lengkap (minimal terdiri dari firstname dan lastname) dicantumkan dalam naskah tanpa gelar akademik. Jika penulis lebih dari satu, nama penulis dipisahkan dengan koma (,);
  6. Afiliasi penulis dituliskan lengkap di bawah baris penulis, beserta alamat lengkap. Untuk penulis koresponden diberi tanda asterisk, dan tandai nama-nama penulis dengan superscript nomor afiliasi di belakang nama;
  7. Abstrak dibuat ringkas dan faktual serta tidak lebih dari 300 kata. Isi abstrak harus menyatakan secara singkat tujuan, hasil dan simpulan;
  8. Setelah abstrak diberikan kata kunci maksimum 6 kata;
  9. Untuk penggunaan subbab ditulis dengan huruf tebal dengan format sentence case dan disusun rata kiri dan menggunakan format penomoran level satu menggunakan format huruf kapital mulai dari A. Penggunaan subbab sebaiknya diminimalkan;
  10. Gambar dan tabel ditempatkan pada naskah, serta diberikan judul sesuai penempatannya;
  11. Setiap gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus dapat tercetak jelas);
  12. Setiap gambar harus diberi judul gambar (figure caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan ber nomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar, seperti ditunjukkan dalam Gambar 1;
  13. Setiap tabel harus diberi judul tabel (table caption) dan bernomor urut angka Arab di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel, seperti ditunjukkan dalam Tabel 1;
  14. Tabel harus tidak mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal hanya diberikan di heading tabel dan bawah tabel;
  15. Setiap persamaan ditulis menggunakan Equation Editor dalam MS Word atau Open Office. Persamaan tidak diperkenankan ditempel di naskah sebagai gambar;
  16. Struktur utama naskah artikel terdiri dari: Pendahuluan, Metodologi, Hasil/ Pembahasan dan Kesimpulan;
  17. Jika diperlukan, ucapan terima kasih dapat ditempatkan pada bagian akhir naskah sebelum bagian Referensi/ Daftar Pustaka;
  18. Penulisan Referensi/ Daftar Pustaka menggunakan gaya IEEE, Angka untuk tiap item rujukan ditulis dalam tanda kurung siku, misalnya [1]. Beberapa rujukan dapat dituliskan dengan kurung siku terpisah, misalnya [2], [4], [5], [7]-[9] dan disarankan menggunakan perangkat lunak seperti Mendeley.

 

Cara Mensitasi Referensi

Semua referensi harus diacu dalam naskah. Gunakan format berikut untuk melakukan sitasi:

as shown by Brown [4], [5]; as mentioned earlier [2], [4]-[6], [9]; Smith [4] and Brown and Jones [5]; Wood et al. [7]; as demonstrated in [3]; according to [4] and [6]-[8].

Gunakan et al. jika terdapat tiga nama atau lebih untuk suatu referensi yang disitasi di naskah.

Format referensi dari jurnal online/e-jurnal/transactions

Jika terdapat 6 nama penulis atau lebih, maka gunakan nama penulis utama dan diikuti dengan et al.

[1] H. Ayasso and A. Mohammad-Djafari, "Joint NDT Image Restoration and Segmentation Using Gauss–Markov–Potts Prior Models and Variational Bayesian Computation," IEEE Transactions on Image Processing, vol. 19, no. 9, pp. 2265-77, 2010. [Online]. Available: IEEE Xplore, http://www.ieee.org. [Accessed Sept. 10, 2010].
[2] A. Altun et al., "Understanding hypertext in the context of reading on the web: Language learners' experience," Current Issues in Education, vol. 6, no. 12, July 2003. [Online]. Available: http://cie.ed.asu.edu/volume6/number12/. [Accessed Dec. 2, 2004].
[3] H. Imron, R. R. Isnanto, and E. D. Widianto, "Perancangan Sistem Kendali pada Alat Listrik Rumah Tangga Menggunakan Media Pesan Singkat (SMS)," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, no. 3, pp. 454-462, Agustus 2016. [Online]. doi: http://dx.doi.org/10.14710/jtsiskom.4.3.2016.454-462. [Diakses 4 September 2016].

Format referensi dari jurnal cetak

[4] J. R. Beveridge and E. M. Riseman, "How easy is matching 2D line models using local search?" IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, vol. 19, pp. 564-579, June 1997.

Format referensi dari prosiding konferensi/seminar
[5] L. Liu and H. Miao, "A specification based approach to testing polymorphic attributes," in Formal Methods and Software Engineering: Proc.of the 6th Int. Conf. on Formal Engineering Methods (ICFEM 2004), Seattle, WA, USA, November 8-12, 2004, J. Davies, W. Schulte, M. Barnett, Eds. Berlin: Springer, 2004. pp. 306-19.
[6] J. Lach, "SBFS: Steganography based file system," in Proc. of the 2008 1st Int. Conf. on Information Technology (IT 2008), Gdansk, Poland, May 2008, pp. 1134-1145 [Online]. Available: IEEE Xplore, http://www.ieee.org. [Accessed: 10 Sept. 2010].

Format referensi dari chapter buku

[7] A. Rezi and M. Allam, "Techniques in array processing by means of transformations, " in Control and Dynamic Systems, Vol. 69, Multidimensional Systems, C. T. Leondes, Ed. San Diego: Academic Press, 1995, pp. 133-180.
[8] O. B. R. Strimpel, "Computer graphics," in McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 8th ed., Vol. 4. New York: McGraw-Hill, 1997, pp. 279-283.

Format referensi dari datasheet

[9] FLEXChip Signal Processor (MC68175/D) , Motorola, 1996.

Format referensi dari thesis/skripsi

[10] A. Karnik, “Performance of TCP congestion control with rate feedback: TCP/ABR and rate adaptive TCP/IP,” M. Eng. thesis, Indian Institute of Science, Bangalore, India, Jan. 1999.
[11] F. Sudweeks, "Development and Leadership in Computer-Mediated Collaborative Groups,"Ph.D. [Dissertation]. Murdoch, WA: Murdoch Univ., 2007. [Online]. Available: Australasian Digital Theses Program.

Format referensi dari laporan penelitian / technical report

[12] J. Padhye, V. Firoiu, and D. Towsley, “A stochastic model of TCP Reno congestion avoidance and control,” Univ. of Massachusetts, Amherst, MA, CMPSCI Tech. Rep. 99-02, 1999.

Format referensi dari standar

[13] Wireless LAN Medium Access Control (MAC) and Physical Layer (PHY) Specification, IEEE Std. 802.11, 1997.

Format referensi dari paten

[14] R. E. Sorace, V. S. Reinhardt, and S. A. Vaughn, “High-speed digital-to-RF converter,” U.S. Patent 5 668 842, Sept. 16, 1997.

Format referensi dari buku

[15] R. Hayes, G. Pisano, D. Upton, and S. Wheelwright, Operations, Strategy, and Technology: Pursuing the competitive edge. Hoboken, NJ: Wiley, 2005.
[16] The Oxford Dictionary of Computing, 5th ed. Oxford: Oxford University Press, 2003.

Format referensi dari halaman web

[17] European Telecommunications Standards Institute, “Digital Video Broadcasting (DVB): Implementation guidelines for DVB terrestrial services; transmission aspects,” European Telecommunications Standards Institute, ETSI TR-101-190, 1997. [Online]. Available: http://www.etsi.org. [Diakses: Aug. 17, 1998].

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Judul Artikel: Judul naskah harus dituliskan secara singkat dan jelas, dan harus menunjukkan dengan tepat hasil riset yang telah dilakukan, tidak memberi peluang dan penafsiran yang beragam. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Kemukakan terlebih dahulu gagasan utama artikel, baru diikuti dengan penjelasan lainnya.
  2. Nama Penulis dan Afiliasinya: Semua nama lengkap penulis (terdiri dari firstname dan lastname) dicantumkan dalam naskah tanpa gelar akademik. Penulis koresponensi harus ditandai dengan tanda asterisk (*). Jika penulis lebih dari satu, nama penulis dipisahkan dengan koma (,). Afiliasi penulis dituliskan lengkap di bawah baris penulis. Afiliasi harus tidak menyebutkan kedudukan penulis, misalnya dosen atau mahasiswa. Tandai nama-nama penulis dengan superscript nomor afiliasi di belakang nama.
  3. Abstrak dan Kata Kunci: Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia. Jumlah kata dibatasi maksimal 300. Abstrak harus dibuat seringkas mungkin, akurat dan jelas serta menggambarkan apa yang Anda lakukan dan menegaskan hasil penelitian/pengembangan kunci. Kata kunci sebanyak 3-6 kata. Tiap kata kunci dipisahkan dengan tanda titik koma (;).
  4. Pendahuluan: Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, analisis gap dari apa yang telah dihasilkan oleh peneliti terdahulu dan pernyataan pentingnya penelitian Anda dilakukan. Di bagian akhri pendahuluan harus dinyatakan secara eksplisit tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut. Penulis harus menghindari duplikasi/pengulangan penjelasan yang tidak perlu atas karya sendiri/orang lain yang telah diterbitkan.
  5. Metode Penelitian: Metode penelitian menjelaskan tahapan penelitian/ pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan/ sasaran penelitian. Tiap tahap dijelaskan secara ringkas (misalnya tiap tahap dalam satu paragraf). Informasikan juga bahan/materi/ platform yang digunakan dalam penelitian, meliputi subjek/bahan yang diteliti, alat/ perangkat lunak bantu yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, rencana pengujian (variabel yang akan diukur dan teknik mengambil data), analisis dan model statistik yang digunakan.
  6. Hasil dan Pembahasan: Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian/ pengembangandan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan konsep-konsep yang telah ada serta perbandingannya dengan penelitian-penelitan sebelumnya, apakah hasilnya penelitian sesuai atau tidak, menjadi lebih baik atau tidak dan aspek lainnya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan. Di bab ini juga disarankan untuk menuliskan implikasi hasil penelitian baik teoritis maupun penerapan.
  7. Kesimpulan: Kesimpulan cukup menjawab hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Kesimpulan dinyatakan sebagai paragraf . Numbering atau itemize tidak diperkenankan di bab ini. Subbab (misalnya A. Kesimpulan, B. Saran) juga tidak diperkenankan dalam bab ini.
  8. Ucapan Terima Kasih (Opsional): Ucapan terima kasih hanya ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur. Ucapan terima kasih dapat juga disampaikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian.
  9. Daftar Pustaka: Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar pustaka harus berisi minimal 10 (sepuluh) pustaka-pustaka acuan yang berasal dari 80% sumber primer (jurnal ilmiah, prosiding konferensi, buku referensi hasil penelitian) yang diterbitkan 5 (lima) tahun terakhir. Format sitasi dan penyusunan daftar pustaka harus mengikuti format IEEE. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi, misalnya Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya. 
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan pada situs jurnal ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 


DOAJ logo

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.