KEKUATAN BALOK BETON BERTULANG BAMBU DENGAN BEBERAPA PERLAKUAN PADA TULANGAN

Mulyati mulyati, Arman Arman

Sari


Bambu mempunyai kekuatan tarik yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai tulangan beton pengganti besi tulangan pada balok beton bertulang.  Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan bambu sebagai material struktur yang mempunyai kekuatan yang baik, ekonomis dan mudah dalam pelaksanaan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kekuatan balok beton bertulang bambu yang baik dengan beberapa perlakuan pada tulangan bambu.  Bambu yang digunakan adalah bambu petung dan bambu wulung dengan perlakuan pengawetan secara alami, bentuk tulangan dibuat pilinan, persegi dan bulat, memberi lapisan kedap air dengan vernis, dan diberi lilitan dengan kawat.  Hasil pengujian kekuatan balok menunjukkan bahwa balok beton dengan tulangan bambu bentuk persegi diberi  lilitan dengan kawat memiliki kekuatan yang tinggi.  Dengan demikian tulangan bambu dengan perlakuan pengawetan, bentuk tulangan persegi dan diberi lilitan kawat dapat meningkatkan kinerja tulangan bambu pada balok beton bertulang bambu.

 

Kata Kunci: bambu, tulangan, balok beton, kekuatan


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Budi, A.S., Beton Tulangan Bambu, Harian Joglosemar, Minggu 29 Juli 2012.

Ghavami, 2004, dalam Marsudi, dkk., Modifikasi Balok Beton Tulangan Komposit Guna Meningkatkan Daktalitas Pada Konstruksi Bangunan Gedung, Jurnal Teknis, Vol.9, No.2, Agustus 2014: 60 – 67.

Jansen, 2000, dalam Marsudi, dkk., Modifikasi Balok Beton Tulangan Komposit Guna Meningkatkan Daktalitas Pada Konstruksi Bangunan Gedung, Jurnal Teknis, Vol.9, No.2, Agustus 2014: 60 – 67.

Morisco, 1999, Rekayasa Bambu, Nafiri Offset, Yogyakarta.

Mulyati dan Arman, 2016, Kuat Lekat Tulangan Bambu Pada Beton, Laporan Penelitian Hibah Bersaing, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan ITP, Padang.

Pathurahman, Fajrin, J, dan Kusuma, A.D., Aplikasi Bambu Pilinan Sebagai Tulangan Balok Beton, Civil Engineering Dimension, Vol.5, No.1, 39-44, Mach 2003.

Pratidina, Y, 2011,Kuat Lentur Balok Beton Tampang Persegi Dengan Tulangan Bambu Wulung, Thesis S-2, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rocbman, A., Peningkatan Kinerja Tulangan Bambu Pada Balok Betpn Bertulang Dengan Cara Perbaikan Kuat Lekat, Gelagar Jurnal Teknik, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol.16, No.1, April 2005.

Sujokusumo, S, dan Nugroho, N., 1993, Studi Penggunaan Bambu Sebagai Bahan Tulangan Beton, Laporan Penelitian, Fakultas Kehutanan IPB, Bogor.

Suroso, H, dan Widodo, A, 2011, Analisis Bambu Walesan, Bambu Ampel dan Ranting Bambu Ampel Sebagai Tulangan Lentur Balok Beton Rumah Sederhana, Jurnal Kompetensi Teknik, Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.