Perancangan Dan Implementasi Cryptography Dengan Metode Algoritma Rc4 Pada Type File Document Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0

Ruri Hartika Zain

Abstract


Masalah keamanan dan kerahasiaan merupakan salah satu aspek penting dari suatu pesan, data, atau
informasi. Terdapat banyak sekali ancaman – ancaman dari luar (outdoor), maupun ancaman dari dalam (backdoor) yang mengancam keamanan data yang disimpan pada storage device (alat penyimpanan data).Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dibuat suatu sistem kriptography file menggunakan metode RC4.
Analisa dan perancangan sistem kriptography dengan metode RC4 tersebut dilakukan terhadap kompleksitas algoritma pada ukuran file (space) dalam melakukan kriptography pada tipe file document. Sistem ini dibangun dengan tujuan menganalisa kompleksitas algoritma RC4 berdasarkan ukuran dalam proses kriptography. Algoritma RC4 mampu melakukan proses enkripsi dan dekripsi data, dan sekaligus mampu melakukan encode dan decode file sehingga file yang dienkripsi tersebut terdapat perubahan. Untuk tipe file document tersebut, ”Semakin besar ukuran file yang akan dienkripsi, maka persentase perbedaan dengan besar ukuran file hasil enkripsi semakin kecil”.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Jurnal Momentum Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.