STUDI ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN DAN ALTERNATIF PERBAIKAN JALAN KOTA RUAS GUNUNG SARIK KOTA PADANG STA 0+000 s/d 1+000

misbah misbah

Sari


Ruas jalan Gunung Sarik Kuranji kota Padang, merupakan salah satu ruas jalan yang ramai dilalui oleh kendaraan mengangkut tanah galian C ke PT. Semen Padang, Indarung. Saat dilalui diharapkan kondisi jalan dalam keadaan baik, sehingga kendaraan yang lewat bisa membawa tanah galian dalam jumlah yang banyak dan lebih efektif, namun jika jalan mengalami kerusakan tentu akan berakibat kendaraan yang melewati jalan tersebut akan cepat rusak dan biaya operasional kendaraan akan lebih besar.

Kondisi sekarang adalah terjadinya  kerusakan yang cukup parah, sehingga kendaraan tidak aman dan  nyaman saat melewati jalan tersebut. Dari hasil survey yang telah dilakukan dengan menggunakan format survey dari Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah terdapat kerusakan yang bervariasi mulai dari rusak ringan, sedang sampai berat. Kerusakan yang terjadi diperparah dengan kelebihan muatan dari kendaraan yang melalui ruas jalan ini, selain kondisi curah hujan dan volume lalu lintas yang tinggi.

Dari hasil penelitian, kondisi jalan ruas Gunung Sarik Kuranji kota Padang STA 0+000 – 1+000 saat ini, kondisi baik hanya sebesar 4,76 %, kondisi ringan 23,81 %, kondisi sedang 19,05 %, dan kondisi rusak berat 52,38 %. Untuk itu perlu dilakukan penanganan segera, terhadap kerusakan yang terjadi dengan memperbaiki jalan tersebut demi kelancaran lalu lintas kendaraan yang melewati jalan ini.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.