IT GOVERNANCE BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI

Indri Rahmayuni, Ikhsan Yusda

Abstract


Balanced scorecard tata kelola teknologi informasi diperoleh dari penggabungan gambaran balanced scorecard teknologi informasi dan balanced scorecard bagi dewan perusahaan. Tantangannya adalah untuk membangun sebuah scorecard yang dapat menangkap kinerja proses TI pengelolaan bersama dengan perbedaan dengan IT BSC dan Board BSC. Perspektif kontribusi perusahaan pada konsep IT Governance BSC yang diajukan cocok dengan fungsi TI.Meningkatkan kinerja tata kelola TI adalah alasan utama untuk membangun dan menerapkan balanced scorecard tata kelola teknologi informasi. Harus jelas bahwa hanya mengukur saja tidaklah cukup; scorecard harus diimplementasikan sebagai sistem manajemen.
Dengan balanced scorecard tata kelola TI, organisasi dapat memberdayakan dewan mereka, CEO, CIO, manajemen eksekutif,serta bisnis dan partisipan TI dengan memberikan mereka informasi yang diperlukan untuk bertindak dan mencapai perpaduan yang lebih baik antara bisnis dan TI dan pada akhirnya mencapai hasil yang lebih baik. Dalam hal ini, scorecard tata kelola TI dapat memainkan peran penting dalam keseluruhan program yang harus di tempat untuk meningkatkan tata kelola perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Jurnal Momentum Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.