HELM UNTUK MEMBERITAHU KONDISI FISIK PENGENDARA SEPEDA MOTOR SAAT MENGEMUDI BERBASIS MIKROKONTROLER

Andi Syofian, Yultrisna Yultrisna

Abstract


Peningkatan jumlah kendaraan bermotor telah berlangsung sejak tahun 1986. Salah satu dampak dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor adalah grafik tingkat kecelakaan lalu lintas yang terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan jenis kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2016-2017, persentase terbanyak dipegang oleh sepeda motor (67-68%) yang telah menelan korban jiwa hingga 18 ribu nyawa (Kemenkes RI, 2017). Metode penelitian yang digunakan yaitu mengambil data detak jantung. Namun, penelitian ini difokuskan pada denyut jantung pengemudi saat berkendara sepeda motor menggunakan.Sensor denyut jantung (Pulse Heart Rate). Dengan melakukan percobaan, hasil pengukuran dapat diketahui bahwa nilai pembacaan data tegangan ketika sensor mendeteksi ≤80 bpm pada osiloskop adalah  3.27 V DC dan frekunsi adalah 0.77 Hz, sehingga membuat Motor Vibrator dan speaker  ON. dan yang terukur ketika sensor mendeteksi >80 bpm pada osiloskop adalah  3.89 V DC dan frekunsi adalah 0.131 Hz, sehingga membuat Motor Vibrator dan speaker OFF. Hasil akhir dari penggunaan alat ini adalah untuk memberitahu kondisi fit atau kelelahannya  pengemudi sepeda motor yang sedang perjalanan jauh.


Full Text:

PDF

References


Prasad Kumari Nisha, Yadav Vinita volume, edisi 2, 2015 “Pemantauan Denyut Jantung dan Transmisi Data melalui Bluetooth”

Raja alfredo siregar 2Boy nurtjahyo moch. 2014 ”Pengukuran kelelahan aktivitas mengemudi sepeda motor dengan pria dengan pendekatan kognitif, Fisiologis,subjektif.

Irenne Elly M.s “Perubahan Denyut Nadi pada Mahasiswa setelah Aktivitas Naik Turun Tangga“.

Herlina Abdul Rahim, Ahmad Dalimi, Haliza Jaafar b, 10 Februari 2015 “Mendeteksi Mengantuk driver Menggunakan Sensor Pulse”.

Kadir, Abdul. 2013. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya menggunakan arduino. Yogyakarta : ANDI

Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih 1), Marina Hardiyanti 2), Fadhila Ika Sani. Volume – Nomor 2, September 2015. “Perbedaan perubahan Tekanan Darah Dan Denyut Jantung Pada Berbagai Intensitas Latihan Atlet Balap Sepeda”

Malvino, Albert P. 1985. Prinsip-prinsip Elektronika Jilid 1. Jakarta

Erlangga .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Jurnal Momentum Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.